Kenali 5 Surat Suara Pada Pemilu 2019

5 Macam Warna Surat Suara pemilu 2019 - (dok : KPU)

Selawangi 17/12/18 ,- Berdasar keterangan KPU, desain kertas suara didominasi dengan warna putih yang berpadu dengan warna merah. Ukuran masing-masing kertas surat suara yang akan dicoblos oleh para pemilih juga dipastikan akan berbeda. Diketahui, pemilih yang mencoblos nantinya akan diberikan sebanyak 5 lembar kertas surat suara.

Kertas surat suara yang dimaksudkan adalah memilih DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD,  sampai dengan Presiden dan Wakil Presiden. Pada kertas surat tersebut, pemilih akan disajikan nama dan foto calon sampai dengan logo partai politik yang akan dipilih.

Khusus kertas surat suara pemilihan presiden dan pemilihan calon anggota DPD, pemilih akan ditampilkan foto wajah dari masing-masing calon yang bakal dipilih para pemilik hak suara. Sementara itu, lembar kertas suara pemilihan legislator baik di tingkat DPR RI sampai dengan DPRD Kabupaten/kota dan DPRD provinsi tidak ditampilkan seluruh wajah kandidat. (sumber : www.jawapos.com)

Tapi tahu kah anda? Ternyata masing-masing surat suara dapat dibedakan dengan melihat warna yang telah ditentukan. Mekanismenya, saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS), ada 5 (lima) Kertas Surat suara untuk dicoblos masing-masing sekali, dengan warna Kertas Suara yang berbeda, yaitu sebagai berikut :

  1. DPRD Kab/Kota (Warna Hijau)

Pada surat suara DPRD Kab/Kota Untuk Daerah Pemilihan Tasikmalaya I (Dapil 1) Meliputi 6 Kecamatan Diantara Kecamatan Sariwangi, Singaparna, Cigalontang, Mangunreja, Sukarame, Tanjungjaya.

Bagi warga Desa Selawangi yang mencoblos ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), masuk ke dalam Daerah Pemilihan Tasikmalaya I (Dapil 1) Karena Desa Selawangi adalah Desa dari Kecamatan Sariwangi.

Surat Suara DPRD Kab/Kota Tasikmalaya Untuk Dapil 1 (Sariwangi, Singaparna, Cigalontang, Mangunreja, Sukarame, Tanjungjaya)

2. DPRD Provinsi (Warna Biru)

Pada Surat Suara DPRD Provinsi Untuk Daerah Pemilihan Jabar XV (Dapil 15) meliputi Daerah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

Surat Suara DPRD Provinsi untuk Dapil Jabar 15 : (Kabupaten dan Kota Tasikmalaya)

3. DPR RI (Warna Kuning)

Pada Surat Suara DPR RI Untuk Daerah Pemilihan Jabar XI (Dapil 11) meliputi daerah Kabupaten/Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Surat Suara DPR RI Untuk Daerah Pemilihan Jabar XI (Dapil 11) (Kabupaten/Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut )

4. DPD (Warna Merah)

Pada surat suara DPD meliputi seluruh Daerah yang ada di Jawa Barat.

Surat Suara DPD ( seluruh Daerah yang ada di Jawa Barat )

5. Presiden dan Wakil Presiden

Pada Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden meliputi Seluruh Daerah di Indonesia (Nasional).

Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum adalah dasar penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019, Indonesia mencatat Sejarah Baru menggabungkan 2 (dua) jenis pemilu yang dilaksanakan dalam satu waktu secara bersamaan. Jangan Lupa Ayo ke TPS !! Rabu 17 April 2019Pemilih Berdaulat Negara Kuat. ( KPU )

(PPS DESA SELAWANGI)

Jadi yang Pertama Berkomentar

..