Rapat Kordinasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Selawangi

Foto : Rapat Kordinasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Selawangi (dok : angling tirta)

Selawangi 23/11/2018 ,- Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL) program ini merupakan program dari pemerintah mengenai pembuatan Sertifikat Tanah, Pemerintah pusat memberikan kemudahan bagi pembuatan sertifikat tanah. 

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018. ( sumber : BPN )

Pada hari jum’at 23 November 2018 bertempat di Aula Kantor Desa Selawangi telah dilaksanakan Rapat Kordinasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dihadiri Kepala Desa (Eem Mukhtar Luthfi, ST) dan Perangkat Desa, serta RW, RT, Tokoh Masyarakat dan lembaga pemerintahan lainnya. Desa Selawangi tahun ini mendapatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau (PTSL) dari pemerintah pusat, Pemerintahan Desa Selawangi pun menyambut baik program ini, Pemerintah Daes Selawangi akan mengajukan satu desa yang berjumlah kurang lebih 2500 lembar SPPT, dan akan di mulai pendaftarannya dari bulan November sampai Bulan Desember.

Sambutan Kepala Desa Selawang (Eem Mukhtar Lutfi, ST) (tengah) tentang program PTSL – (dok : Angling Tirta)

Pada Tahun ini Desa Selawangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya mengajukan permohonan Sertifikat Tanah Redis ke Pihak BPN Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat dengan jumlah 2500 bidang Sertifikat Tanah Redis dan di Acc oleh pihak BPN Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat sejumlah 2500 bidang Sertifikat Tanah Redis tersebut. Setelah disetujui oleh pihak BPN Kabupaten Tasikmalaya pun memberikan persyaratan-persyaratan untuk pemberkasan diantaranya sebagai berikut  :

  1. Foto copy KTP Pemohon
  2. Foto Copy Kartu Keluarga
  3. Foto Copy SPPT tanah yang akan disertifikatkan.
  4. Kelengkapan Perjanjian (jual beli, akta (hibah, waris)
  5. Gambar atau denah tanah
  6. Pemasangan patok atau batas tanah
Para Lembaga Kemasyarakatan Desa Selawangi Menyimak tentang Persyaratan Pemberkasan Program PTSL – (dok : Angling Tirta)

Oleh karena itu dari pihak desa yang hadir akan terus bekerja keras dan bekerja sama agar program ini sukses dan segera dilakukan. Batas akhir untuk melengkapi semua persyaratan yaitu sebelum tanggal 1 Desember 2018 harus sudah siap, untuk itu semua panitia berharap kepada seluruh koordinator wilayah dan pihak pihak yang bersangkutan untuk menyusun kembali berkas yang sudah dan belum masuk.

Salah satu syarat penting yang harus diperhatikan warga dari program ini adalah PTSL diperuntukan hanya bagi bidang-bidang tanah yang belum memiliki sertifikat. Untuk bidang tanah yang sudah bersertifikat kemudian mau terjadi perubahan nama atau pemecahan sertifikat awal itu tidak bisa ikut melalui program ini

Kepala Desa Selawangi (Eem Mukhtar Lutfi, ST) menghimbau agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin guna untuk merealisasikan program PTSL ini. Atas kontribusi dari semua pihak program ini akan berjalan dengan lancar dan akan segera terealisasi. pengabdian kepada negara memanglah sangat sulit namun apabila dikerjakan secara bersama, bergotong royong dan ikhlas maka semuanya akan terasa mudah dan takan terasa lelah.

(Angling Tirta Ryana)

Jadi yang Pertama Berkomentar

..