Pembinaan Administrasi Desa dari Pemerintahan Kecamatan Sariwangi Semester II (dua) Tahun 2018

Selawangi 10/12/18 ,- Administrasi Desa ditetapkan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri akan tetapi teknis pelaksanaan dan pembinaan operasionalnya ditetapkan dengan Keputusan Bupati. Berdasar kepada diundangkannya UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa juga Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri 32 Tahun 2006.

Pemerintahan Kecamatan Sariwangi menunaikan kewajibannya untuk melakukan Pembinaan Administrasi Desa (Kas Opname) Semester II (dua) tahun 2018. Adapun pelaksanaan Pembinaan Administrasi Desa (Kas Opname) Semester I (pertama) tahun 2018 telah dilaksanakan pada bulan juli lalu. Kegiatan Pembinaan Administrasi Desa (Kas Opname) Semester II (dua) tahun 2018 dilaksanakan mulai hari Senin tanggal 10 Desember 2018 sampai dengan hari Kamis 13 Desember 2018.

Pada hari Senin tanggal 10 Desember 2018 bertempat di Aula Kantor Desa Selawangi, Kebetulan Pemerintahan Desa Selawangi di bina oleh Pemerintahan Kecamatan Sariwangi yang sesuai dari jadwal yang terlampir dengan tim 1 (satu) yakni Camat Sariwangi, Kasi PMD Kecamatan Sariwangi, Kasi Trantibum, Kasubag Umum dan Kepegawaian, serta Bendahara Kecamatan Sariwangi.

Sambutan dari Camat Kecamatan Sariwangi (Herman Dahlan, S.IP) dan Kepala Desa Selawangi (Eem Mukhtar Luthfi, ST) 
Para Perangkat Desa Mendengarkan Sambutan dari Camat Kecamatan Sariwangi (Herman Dahlan, S.IP) dan Kepala Desa Selawangi (Eem Mukhtar Luthfi, ST)

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Aparatur Pemerintahan Desa Selawangi terlihat antusias terhadap pembinaan administrasi pemerintahan Desa, adapun jenis-jenisnya sebagai berikut:

  1. Administrasi Umum adalah pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum.
  2. Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kependudukan pada Buku Administrasi Penduduk.
  3. Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan Desa pada Buku Administrasi Keuangan.
  4. Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pada Buku Administrasi Pembangunan.
  5. Administrasi lainnya antara lain meliputi; kegiatan Badan Permusyawaratan Desa dalam buku administrasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kegiatan musyawarah Desa dalam buku musyawarah Desa, dan kegiatan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat dalam buku Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat.
Pembinaan Administrasi Umum Dari Kasubag Kecamatan Sariwangi kepada Kaur. TU dan Umum. (doc : Angling Tirta)
Pembinaan Administrasi Pajak PBB dari Kasi. PMD Kecamatan Sariwangi

Pembinaan Administrasi Keuangan dari Bendahara Kecamatan Sariwangi (doc : Angling Tirta)

Dalam  Administrasi Pemerintahan Desa, secara luas bisa disebut sebagai manajemen penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, yang meliputi Pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan desa, mencakup perencanaan pemerintahan, pengorganisasian atau kelembagaan pemerintahan, penggunaan sumber-sumber daya, pelaksanaan urusan rumah tangga pemerintahan dan urusan pemerintahan umum, serta pengawasan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan kewenangan dalam bidang pemerintahan desa.

Kesadaran tentang administrasi di tingkat Desa yang mungkin belum tertata secara baik dengan tujuan bersama untuk lebih maju. untuk meningkatkan manajemen Pemerintahan Desa perlu dilakukan penataan administrasi  agar lebih effektif dan effisien, penataan administrasi merupakan pencatatan data dan informasi dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa, maka perlu dilakukan langkah penyempurnaan terhadap pelaksanaan administrasi.

(Angling Tirta)

Jadi yang Pertama Berkomentar

..